Membuat Analisis SWOT Personal

 

Membuat Analisis SWOT Personal

Baiklah pada waktu kali ini kita akan membahas apa sih itu SWOT

SWOT sendiri merupakan sebuah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats

Analisis SWOT mengatur kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman utama Anda ke dalam daftar yang terorganisir dan biasanya disajikan dalam bilah kisi-kisi yang sudah sederhana.

Strengths yang artinya kekuatan dan Weaknesses artinya  kelemahan adalah berasal dari internal pribadi seseorang. hal-hal yang dapat Anda kontrol dan dapat berubah. Contohnya intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities artinya peluang dan Threats artinya adalah hal eksternal yang mempengaruhi diri sendiri atau hal-hal yang terjadi di luar diri kita terhadap hal yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi diri dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya gempa bum, banjir dan bencana alam lainnya.

Teknik SWOT dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Ketika Anda melakukan analisis SWOT, Anda akan mempelajari strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan diri anda sendiri.

Cara Melakukan Sebuah Analisis SWOT

Seperti yang sudah dibahas, kita terlebih dahulu harus mengumpulkan data untuk melakukan analisa SWOT. Kita tidak perlu melakukan analisis dengan berlarut-larut sehingga membuang banyak waktu tetapi kita hanya membutuhkan sedikit waktu tetapi kita fokus.

Kita mengumpulkan data dari diri kita yang telah kita peroleh. Kita akan menemukan bahwa setiap bagian diri kita yang dilihat dari orang lain pasti berbeda. Dan point ini sangat penting untuk membuat analisis SWOT Anda berhasil.

Melakukan analisis SWOT sama dengan sebuah kita melihat pendapat orang mengenai, untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam menjalankan suatu hal. Disarankan untuk meminta setiap orang mencatat didalam form yang telah dibuat dan minta setiap orang melakukannya dengan secara diam. Hal ini dilakukan untuk tidak samanya semua pendapaat orang.

Setelah melakukan brainstorming selama lima hingga 10 menit, kumpulkan data disatu tempat. Izinkan siapa pun menambahkan catatan tambahan pada titik ini jika ide orang lain memicu pemikiran baru.

Setelah semu data yang telah kita kumpulkan maka kita bisa memilih hal mana yang harus ditetapkan ataupun dihilangkan dari diri kita supaya bisa mencapai tujuan

Anda akan ingin mengikuti proses menghasilkan ide untuk masing-masing dari empat hal yang penting  dari analisis SWOT Anda: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

Jika sudah melakukan semua pengelompokan data kita bisa memilih, dan ada juga cara lain untuk menambah ide baru dalam analisis SWOT dengan cara membuat beberapa pertanyaaan seperti apa bisnis yang bisa berjalan lancar ?, dalam menjalankan bisnis apa yang perlu diperbaiki ?, apakah sebuah tren bisa mengancam dalam sebuah pasar ?,  dan masih banyak pertanyaaan yang bisa kita muat lagi untuk menambah ide dalam menganalisis SWOT itu sendiri.

setelah membaca semuanya kita bisa untuk menganalisis SWOT diri kita pribadi. bisa kita lihat analisis SWOT personal pada gambar diatas dengan beberapa komponen dari SWOT.

 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars HMTI

Gambar logo HMTI

biodata pribadi